SMA N 2 Batang di bangun atas dasar kebutuhan sarana pendidikan di daerah Kabupaten Batang, pada saat itu Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Batang hanya ada satu sekolah saja dan oleh karena itu pemerintah daerah membangun sarana pendidikan penunjang kebutuhan masyarakat akan pendidikan formal. Kebutuhan akan pendidikan di Kabupaten Batang membuat SMA N 2 Batang hadir untuk memberikan pelayanan pendidikan formal yang masyarakat butuhkan.

SMA N 2 Batang di resmikan tanggal 2 mei tahun 2000 oleh Bupati Batang yang saat itu di jabat oleh Joko Purnomo, sekolah ini didirikan setelah masa pemerintahan presiden Soeharto, setelah masa orde baru yang kemudian di gantikan oleh masa reformasi tahun 1998.

SMA N 2 Batang sebelum memiliki sarana berupa gedung, kegiatan belajar mengajar SMA N 2 Batang berlangsung di SMA N 1 Batang dengan pola pembelajaran pagi-siang dan siang-sore, hanya dalam keterbatasan gedung sebagai sarana pengajaran dan pembelajaran kendala yang dimiliki SMA N 2 Batang, selebihnya sekolah ini sudah mampu menyediakan sendiri, baik berupa tenaga pengajar seperti guru, kepala sekolah, petugas administrasi dan lain-lain.

Identitas Sekolah

SMA N 2 Batang berdiri Tahun 1999 dan diresmikan sebagai Sekolah Menengah Atas Negeri pada 2 mei 2000 oleh Bupati Batang Joko Purnomo dengan nomor statistik (NSS) 301032511015, sudah terakreditasi A sejak tahun 2002 dengan luas tanah 9.300 m² dan luas bangunan 2.763 m²


Alamat Sekolah

Jalan Pemuda KM 3 Rowobelang Pasekaran Batang, nomor telepon (0285) 7927945 Website / E-mail : smaduabatang@ymail.com

Identitas Kepala Sekolah

  • Dra. Titik Dwihartini menjabat sebagai kepala sekolah yang pertama di SMA N 2 Batang sejak tahun 1999, beliau menjabat sebagai kepala sekolah kurang lebih selama 4 tahun.
  • Dra. Sri Lestari Rahayu meneruskan sebagai kepala sekolah kedua di SMA N 2 Batang pada tahun 2003 dan setelah 4 tahun menjabat, beliau di gantikan oleh kepala sekolah yang baru.
  • Drs Miswadi,M.Pd, lahir di Pacitan,10 April 1956 dengan pendidikan terakhir Pasca Sarjana/BK dengan alamat rumah Jln.Elida No.4 Perum Pasekaran Batang, Beliau menjabat sebagai kepala sekolah selama 4 tahun sebelum di gantikan oleh kepala sekolah yang baru.
  • Drs. Heri Soemiarto awalnya menjabat sebagai kepala sekolah di sekolah lain, beliau menjabat sebagau kepala sekolah pada tahun 2011 menggantikan kepala sekolah sebelumnya yang harus menjabat di sekolah lain sebagai kepala sekolah, beliau menjabat kepala sekolah di SMA N 2 Batang hingga purna tugas pada Desember 2015.
  • Siti Ismuzaroh, S.Pd., M.Pd menjabat sebagai Plt. Kepala SMA Negeri 2 Batang dimulai Januari 2016 sampai akhir Februari 2016, hingga adanya pelantikan Kepala Sekolah definitif.
  • Drs. Habibi, M.Pd  lahir di Demak tanggal 18 Februari 1965 dengan pendidikan Pasca Sarjana dengan alamat Jl. Mawar II/A1 No. 1 RT 07 RW 04 Tanjung – Tirto Pekalongan, menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 2 Batang secara definitif dengan Surat Keputusan Bupati Batang nomor : 821.2/09/2016 tertanggal 23 Februari 2016. Beliau menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 2 Batang sampai sekarang.

Keadaan Siswa

Jumlah siswa SMA N 2 Batang pada tahun 2017 berjumlah 855 anak dengan fasilitas keliling tanah 412 m, buku dan alat pendidikan cukup memadai, perlengkapan administrasi cukup memadai, jumlah ruang belajar cukup dan di tunjang oleh beberapa sarana prasarana lain berupa lapangan olahraga dan alat alat penujang proses belajar mengajar.

Semakin banyaknya peminat masyarakat untuk mendapatkan pendidikan di SMA N 2 Batang, maka sekolah senantiasa berusaha mengembangkan prestasinya baik akademik maupun non akademik.

Sejak tahun ajaran pertama berdirinya SMA N 2 Batang sudah meluluskan semua siswanya dalam ujian nasional yang diadakan oleh pemerintah dan setiap tahun ajarannya, siswa SMA N 2 Batang lulus 100 % dengan nilai yang memuaskan dan baru tahun 2017 ini tingkat kelulusan dari SMA Negeri 2 Batang tidak mencapai 100%.

Extrakulikuler

Kegiatan tambahan sebagai kegiatan pengembangan diri atau penyaluran hobi atau pencarian prestasi di SMA N 2 Batang, ada banyak sekali selaras dengan banyaknya penghargaan dan juara dalam tiap event atau kejuaraan yang di ikuti. Beberapa ekstrakulikuler yang ada di SMA N 2 Batang seperti Pramuka, OSIS, PKS, Karya Ilmiah Remaja, PMR Wira dan kegiatan ektra non-akademis dan akademis.

Ketenagaan

Tenaga-tenaga yang dimiliki SMA N 2 Batang seperti Kepala Sekolah,Guru,Tenaga Administrasi cukup sesuai dengan profesinya dan potensial dengan jumlah guru 54 orang sesuai dengan latar belakangnya serta Tenaga Administrasi 19 orang dan 1 orang sebagai tenaga keamanan pada tahun 2017.

Kondisi orang tua

Berasal dari berbagai jenis kalangan dan latar belakang. Pekerjaan orang tua wali murid terdiri dari PNS, TNI, Polri , Karyawan Swasta, Pedagang, Petani, Nelayan dan lain-lain


Keadaan Ruangan

SMA N 2 Batang telah mempunyai Ruang Media, ruang Laboratorium Bahasa, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Perpustakaan sudah memadai, ruang ibadah, koperasi, ruang kelas yang memadai sekarang berjumlah 24 ruang kelas, ruang laboratorium biologi, tempat parkir yang cukup luas, ruang osis dan ruang uks, lapangan olahraga serta kantin dan gudang peralatan olahraga.

Kelulusan

Kelulusan Siswa SMA N 2 Batang prosentasinya baik dan banyak diterima di Peguruan Tinggi Negeri maupun Swasta adapun siswa yang melanjutkan ke akademi atau sekolah ikatan dinas seperti Polri TNI dan Pramugari

Hasil Kejuaraan

Banyak mendapatkan penghargaan baik di bidang akademik maupun non-akademik, Bidang Olah Raga: Bola Voli, Bola Basket, Lari, Karate, Gerak Jalan dan masih banyak yang lain. Bidang Kesenian : Vokal Group, Band, Tari, Melukis dll. Bidang Akademik : Mengikuti Olimpiade Tingkat Kabupaten dan Provinsi. Kejuaraan yang di raih baik tingkat kabupaten kota karesidenan provinsi ataupun nasional ataupun turnament dan olimpiade dalam ajang popda porseni ataupun O2SN.

Perkembangan Kurikulum

SMA N 2 batang telah banyak mengalami perubahan sistem pendidikan di sekolah, ini di karenakan sekolah ini sekolah yang masih di bawah naungan negara dan batasan batasan pengajaran atau materi yang disampaikan bahkan penyampaian materinya pun harus mengikuti bagaimana anjuran dari pemerintah pusat.

Semenjak di resmikannya, sekolah ini pernah mencicipi setidaknya lima jenis atau lima kali perubahan kurikulum pendidikan yang di berikan dari pemerintah pusat, yaitu awalnya menggunakan kurikulum 1994 yang bertahan hingga tahun 2000 kemudian di gantikan oleh kurikulum suplemet tidak lama kemudian pada tahun 2002 mengalami perubahan dan menggunakan kurikulum yang di sebut KBK Kurikulum Berbasis Kompetensi namun kurikulum ini berakhir dan di gantikan kurikulum tingkat satuan pengajaran atau yang biasa di sebut KTSP pada tahun 2006. Dan sejak tahun 2014 SMA Negeri 2 Batang talah melaksanakan kurikulum 2013.

 

smoody 13 Juni 2017